logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Sanyo LCD-24K40, Kerusakan Stand-by Indikator Kuning

Advertisement

sanyo lcd-24k40
TV Sanyo LCD-24K40 yang sudah beberapa tahun dipakai sering mengalami kerusakan seperti ini, yaitu TV dalam keadaan stand-by, namun lampu indikator-nya menyala kuning (bukan merah). Jika sudah seperti ini maka TV tidak akan bisa dinyalakan.

Kerusakan seperti ini dapat terjadi karena kondisi papan rangkaian/PCB modul kontrol yang sudah kurang baik, sedangkan di dalamnya terdapat sirkit yang bersifat kritis terhadap perubahan tegangan suplai 5V meskipun kecil saja.
Ketika power AC 220V mulai diberikan, rangkaian SMPS pada modul power-supply mulai bekerja dan menghasilkan tegangan-tegangan keluaran, salah satunya adalah tegangan 5V untuk sirkit kontrol. Namun sebelum tegangan keluaran menjadi stabil, sirkit kontrol sudah tersetel membebani tegangan itu dengan pembebanan yang agak menyimpang, akibatnya tegangan menjadi sedikit drop dan tetap dalam keadaan itu. Inilah yang membuat lampu indikator menyala kuning dan sirkit kontrol terkunci (hang) pada posisi stand-by.

Solusi terbaik adalah mengganti papan rangkaian modul kontrol tersebut. Tetapi gantinya sering sulit dicari di pasaran, kalaupun ada harganya juga cukup mahal. Solusi alternatif berikut ini mungkin bisa diterapkan meskipun tidak menjamin hasilnya akan permanen.

po-supply board sanyo lcd 24k40

Ada beberapa elco di bagian power-supply, di antaranya adalah elco-elco berkapasitas 100µF. Gantilah semua elco tersebut masing-masingnya dengan elco baru berkapasitas 220µF/50V. Elco pengganti harus berkualitas baik.
Setelah itu elco besar 100µF/450V diganti dengan elco 220µF/400V.
Jika telah selesai, silakan test ulang.

Demikianlah.
Sekedar sharing pengalaman.

Tulisan reparasi lain :
Samsung CM19WS LCD Monitor, kerusakan layar gelap
Perbaikan LED TV Samsung model UA32F4000AMXXD, kerusakan layar gelap .


(Sandi Sb)

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger