logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Samsung CM19WS LCD Monitor, kerusakan layar gelap

Advertisement

Samsung LCD Monitor type CM19WS
Kerusakan : Power-supply hidup tetapi layar gelap.

Monitor Samsung ini datang ke tempat reparasi dengan keluhan tidak ada gambar, sedangkan power-supply tampak tidak ada masalah.
Ketika ditest dengan menekan tombol power yang ada di sisi kanan monitor, tampak terlihat cahaya biru di bagian tengah bawah, menandakan power-supply memang masih bekerja.
Tidak ada tanda-tanda gambar pada layar monitor, layar hanya gelap. Tombol pengatur brightness dan contrast telah ditekan tetapi tetap tidak terlihat tampilan apa-apa.sehingga pengaturan tidak bisa dilakukan.

Pemeriksaan lanjutan dilakukan setelah membuka tutup belakang monitor. Setiap tegangan keluaran dari power-supply diperiksa, dan ternyata tidak menunjukkan adanya indikasi yang mencurigakan. Semuanya tampak normal-normal saja.
Kecurigaan kini tertuju kepada rangkaian output data gambar dari LCD dan juga kepada bagian penerang layar LCD itu sendiri.
Setelah mengadakan pemeriksaan-pemeriksaan terbuktilah bahwa transformator kecil penyuplai tegangan untuk lampu layar LCD telah rusak. Transformator ini mempunyai sembilan pin dan outputnya terkoneksi dengan dua lampu penerang layar LCD. Tanda dari kerusakan transformator ini adalah panas yang tinggi setelah beberapa saat power dihidupkan. Panas pada transformator bahkan hingga menimbulkan sedikit kepulan asap putih yang hampir tidak terlihat.

Samsung LCD monitor PCB

Karena transformator ini dikemudikan oleh sebuah IC driver delapan pin yang menempel pada PCB, maka IC driver itu pun menjadi panas juga setelah beberapa saat power dihidupkan.
Dalam kasus ini transformator yang rusak menyebabkan lampu penerang layar tidak mendapatkan tegangan input sehingga tidak menyala. Efeknya adalah layar menjadi gelap, tidak terlihat gambar dalam bentuk apapun.

Transformator berusaha diganti dengan yang baru, akan tetapi ternyata penggantinya tidak dijual bebas di pasaran. Solusi yang diambil adalah dengan menggunakan transformator “cabutan” yang diketahui masih baik. Transformator diambil dari modul rangkaian monitor type yang sama yang sudah sangat sulit diperbaiki karena kerusakan yang parah pada layar LCD-nya.
Beginilah seorang tekhnisi, memang dituntut untuk selalu mempunyai solusi yang maksimal sebelum semuanya dinyatakan : “tidak tertangani”.
Setelah dilakukan penggantian komponen, gambar kemudian kembali terlihat normal.
Hati pun lega, maka tibalah waktunya untuk minum kopi hangat....


Tulisan tentang reparasi LCD monitor yang lain : Acer AL1716, kerusakan power sulit dihidupkan .

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger