logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Perbaikan LED TV Layar Gelap

Advertisement

Kerusakan LED TV tanpa gambar (layar gelap) padahal suara normal, biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya panel LED untuk pencahayaan latar pada layar LCD.
Kasus ini sering terjadi pada LED TV karena pada TV jenis ini pencahayaan latar (back light) didapatkan dari nyala banyak LED yang tersusun secara seri. Ketika ada satu saja LED yang mati, maka seluruh layar tidak akan mendapatkan pencahayaan latar sehingga gambar menjadi tidak tampak atau gelap, meskipun pada bagian LCD-screen sebenarnya ada terdapat elemen-elemen gambar yang terbentuk.
Berikut ini akan diulas tentang perbaikan kerusakan tersebut. Sebagai contoh di sini dikemukakan perbaikan TV Samsung model UA32F4000AMXXD. Dalam prakteknya bisa saja untuk LED TV lainnya karena pada prinsipnya langkah-langkah pengetesan dan tindakan yang diambil tidak jauh berbeda.

Untuk memastikan bahwa kerusakan yang terjadi adalah pada panel LED, perlu dilakukan langkah sebagai berikut :

Memeriksa tegangan DC untuk suplai panel LED.
Pada TV Samsung suplai tegangan untuk panel LED dihasilkan oleh rangkaian “boost-converter” yang menghasilkan tegangan DC sekitar 135V.
Boost-converter adalah sebuah unit power-supply khusus yang menaikkan tegangan DC menjadi lebih tinggi, lihat ulasannya dalam : Boost-converter .

Tegangan 135V dari boost-converter ini dibutuhkan untuk mensuplai 45 LED yang terangkai secara seri. Tentang rangkaian LED seri beserta tegangan yang dibutuhkannya sekilas telah dibahas dalam : Susunan LED seri dan LED paralel .

samsung led-tv, main panel

Tegangan 135V ini dapat diukur langsung melalui dua kaki elektroda elco filter tegangan tersebut, yaitu C9801 (22µF/250V). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan AVO-meter pada posisi DCV250.
Apabila pengukuran tegangan menunjukkan angka sekitar 230V maka sudah bisa dipastikan bahwa telah terjadi kerusakan pada panel LED, sebab angka sebesar itu adalah angka tegangan yang dikeluarkan rangkaian buck-converter tanpa terbebani.
Apabila panel LED dalam keadaan normal, ia akan membebani tegangan suplai hingga turun menjadi sekitar 135V.
Jika perlu (agar lebih yakin) cobalah untuk melepas konektor panel LED, lalu lakukan pengukuran tegangan pada elco filter itu dan catat hasilnya. Setelah itu pasang kembali konektor panel LED ke tempatnya dan lakukan lagi pengukuran tegangan pada elco. Jika hasil pengukuran sama saja (tetap tinggi) maka berarti panel LED memang tidak membebani tegangan tersebut. Panel LED tidak bekerja karena telah terjadi kerusakan padanya.

Membongkar panel LED.
Sebelum membongkar panel LED, penyanggah TV harus dilepas terlebih dahulu. Ada beberapa baut yang harus dibuka di bagian belakang TV.
Beberapa baut untuk penutup/kap bagian belakang juga harus dibuka.
Setelah itu “kancing-kancing” yang mengait di sepanjang pinggiran layar (dari belakang) dilepas satu-persatu, cukup direntangkan sedikit ke samping lalu agak ditekan dengan tangan sampai terbuka. Dimulai dari satu bagian kemudian ke satu bagian berikutnya (bertahap) hingga seluruh bagian kancing yang mengait di sekeliling sisi pinggir terbuka.
Yang pertama kali akan terlepas adalah list/bingkai layar bagian depan. Karena itu perlu dipastikan sebelumnya, manakah kancing-kancing kaitan yang seharusnya dibuka terlebih dahulu agar list ini yang akan lebih dulu bisa lepas.
Setelah terlepas, keluarkan bingkai layar ke arah depan dengan hati-hati. Jangan sampai kaca bagian pinggir layar LCD yang tipis itu tergores, retak, atau pecah.
Sekali lagi : hati-hati!

Kemudian dilanjutkan dengan membuka kancing-kancing yang mengait pada lapisan berikutnya, dilakukan sebagaimana pada lapisan sebelumnya, satu-persatu secara bertahap.
Apabila semua sudah terlepas, angkat bagian logam yang menutup secara perlahan hingga ia cenderung tegak. Jika agak tersendat, periksalah penyebabnya, jangan dipaksa.
Ketika membuka bagian ini usahakan agar bagian kaca LCD-screen tidak ikut terangkat, tetapi jangan menekannya ke bawah terlalu kuat.
Jika sudah terbuka akan terlihat sebagaimana pada gambar berikut ini :

led-tv panel

Pada gambar (A) tampak panel LED yang sudah terbuka dengan lapisan lembaran putih yang masih menempel. Lapisan ini perlu dilepas dengan terlebih dahulu membuka beberapa kancing penetapnya, lalu menariknya secara perlahan ke arah luar.
Pada gambar (B) tampak deretan-deretan LED (ada 9 LED setiap deretnya) setelah lapisan lembaran putih dilepas. Bulatan-bulatan yang tampak sebenarnya bukanlah LED, tetapi hanya “pembias cahaya” saja. LED yang sebenarnya ada di bawah pembias-pembias itu.

Setiap LED harus di-test satu per-satu untuk menemukan LED yang mati. Dimulai dari LED-LED di satu deretan (misalnya deretan paling atas) lalu ke LED-LED di deretan lainnya. Caranya sebagaimana diperlihatkan pada gambar (C) berikut ini :

panel led test

Gunakan AVO-meter pada posisi Ohm x1 atau Ohm x10. Pada titik-titik khusus yang terbuka tempatkan kedua tuas tester sebagaimana diperlihatkan pada gambar. Pada TV merek lain bisa jadi titik-titik yang terbuka ini tidak ada. Untuk yang seperti ini maka tuas tester harus digesek-gesekkan hingga menembus lapisan putih isolator.
Pada pengetesan 1 LED1 akan menyala jika ia masih baik, dan pada pengetesan 2 LED2 akan menyala jika ia masih baik. Pengetesan dilakukan seterusnya di setiap barisan LED.
Jika ada yang tidak menyala, maka itulah LED mati yang sedang dicari. Tandai LED yang mati tadi.

Lalu bagaimana menggantinya?
Lepaskan papan barisan LED di mana terdapat LED yang mati tadi. Bawa papan LED tersebut sebagai contoh ke penjual spare-parts elektronik yang lengkap. Belilah yang persis sama, sebab jika tidak sama tidak akan bisa dipasang pada tempatnya dan pola sambungannya pun bisa jadi berbeda.
Jika sudah didapatkan, pasanglah sebagaimana mestinya.
Bagaimana jika tidak tersedia yang persis sama?
Perbaikan secara “darurat” masih dapat dilakukan.
Tulisan ini berlanjut ke yang berikutnya, yaitu : Memperbaiki panel led rusak pada LED-TV .


(Sandi Sb)

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 komentar

terimakasih atas penjelasanya, sangat bermanfaat skli

Balas

THANK IYU THANK IYU

Balas

thank s info nya sangat berguna bagi yang berkantong tipis, tapi di mana kita bisa dapat komponen lampu LED nya...?

Balas

Terima kasih ilmunya sdh di bagikan.
Semoga ilmunya makin bertambah dan lancar rizkinya

Balas

Aamiiin...

Balas

makasih ilmunya mas moga tambah sukses. btw mau nanya mas. tv led lg 22 inch gambar tidak ada padahal lampu led nyala dan suara normal. mohon bantuan ya mas

Balas

Rusak IC output-vertical sering begitu, coba setelan screen (di flyback) dibesarkan dulu, apakah tampak gambar hanya segaris?

Balas

permisi gan. Sy mau ikutan nanya. Knp Tv sy tiba2 layarnya redup (mendekati hitam) tp gambar sdikit klihatan dan suaranya masih normal? apakah ada kerusakan parah? kira2 biayanya brp? mohon jwb ya gan. siapa tau ngerti. Trims

Balas

TV LED tipe ini juga?
Mungkin tegangan keluaran boost-converternya sudah drop juga, coba diukur deh. Kalau emang drop, cek elco filter tegangannya (C9801) mungkin sudah soak.
Kerusakan boost-converter tidak terbilang kerusakan parah. Tapi masalah ongkos, itu tergantung permintaan montir TV-nya. Lain montir, lain pula harga yg diminta.
Kalau bisa memperbaiki TV sendiri, tentu itu lebih bagus dan lebih murah juga...

Balas

Aku mo nanya mas untuk t LED LG 32 inc gak ada gambar tp suaranya ada n panel powernya nyala... Apanya yah...?? Thanks mas

Balas

Maksudnya panel power bagian suplai back-light/panel LED (biasa disebut boost-converter)?
Kalau memang nyala, bisa tahu nggak (coba diukur), besar tegangan keluarannya?
Tegangan keluaran yg terlalu kecil tidak akan mampu untuk menyalakan panel LED sehingga TV gelap/tdk ada gbr. Itu berarti bagian boost-converter rusak.

Balas

Mantap tutorialnya. Salam dari Sanzan Elektronik. sanzanstore. com

Balas

Maaf mas mau tanya, klo tv Polytron 24" layar redup suara normal, itu knp y mas?

Balas

Ini TV LED atau TV CRT (tabung) ya?
Kalau TV LED mungkin jawabannya sama dgn jawaban untuk mas Erik Erdiansyah di atas.
Kalau TV CRT, penyebab redupnya gambar bisa macam2, di antaranya:
1.Setelan "screen" di fly-back rusak
2.Jika disertai gambar "kabur"/tidak fokus, biasanya soket CRT yg rusak (induksi).
3.Jika disertai lebar gambar menyempit dan gambar agak cacat, biasanya elco filter untuk tegangan suplai output-horizontal sudah rusak (kering)
3.Untuk TV di atas 10 tahun, sering disebabkan karena kondisi tabung CRT-nya yg sudah jelek.
Begitu pak Qie.
Sebagian tekhnk perbaikan TV CRT bisa pak Qie cari di labels : Reparasi.

Balas

maaf mas, saya mau tanya. iseng iseng coba bongkar tv sendiri.
saya punya tv lcd merk LG 42inch keadaan rusak ada suara tidak ada gambar, tapi pas coba di start muncul logo dari merk tv nya, setelah merk logo tv hilang, tv hidup, tapi tidak muncul gambar nya, apa mungkin bisa rusak dibagian led nya? atau bagian yg lain nya? mohon info nya ya mas, terimakasih dan semoga makin sukses selalu

Balas

Jika logo sudah sempat muncul berarti back-screen light masih bagus. Kerusakan bisa di bagian lain, misalnya di modul pengolahan gambar. Pada TV LCD atau LED umumnya terdapat 2 atau 3 modul utama. Bedakan saja, mana modul yg bukan modul power-supply namun terdapat sambungan2 ke screen/layar. Nah, cabut modul itu lalu ganti dgn yg persis sama.

Balas

mas klw tv nya itu saat menyala tiba2 hilang gambar tp suara normaal namun pd saat dimatikan dan diksih nyala ulg gambar bagus tp suara gresek polytron type pld 24d301p.sdh sekian kalli diulg2 ttap bgitu penyakitx .. tlg solusix

Balas

TV ini masih tergolong baru, belum banyak beredar skema rangkaiannya.
Yang perlu diperiksa adalah semua tegangan keluaran power-supply, pastikan tidak ada yg drop. Periksa juga setiap elco filter di jalur2 tegangan keluaran itu, pastikan tdk ada yg rusak/menyusust nilai kapasitasnya.
Jika dari po-supply OK, periksa papan rangkaian di mana terdapat bagian suara/sound, periksa bolak-balik.
Adakah bercak mencurigakan seperti bekas kotoran binatang kecil atau yg lainnya?
Nah, coba itu dulu...

Balas

kalau lampu backlight nyala suara ada tp gambar tidak ada.solusinya gmn? tv led samsung 32"

Balas

Untuk Alqifria, mungkin sama jawabannya dgn jawaban untuk Alan di atas, sejauh ini baru itu yg bisa saya berikan.
Tapi bagi pembaca lain yg kebetulan mempunyai jawaban lebih spesifik, dipersilakan untuk membantu...

Balas

Saya Mao tanya kalo tv baru tapi pas dinyalain gada gambar sama suara itu gimana ?? Tv LED sharp

Balas

Lakukan dulu prosedur pemeriksaan standar power-supply.
Kenali mana board po-supply, cek fuse dan konektor kabel AC, lalu lakukan pengukuran tegangan "main-power", setelah itu tegangan2 keluaran po-supply.

Balas

Om berarti elconya perlu diganti juga ja?

Balas

Sangat bermanfaat information ini mksi

Balas

Mas...mohon bantuannyaTV LED Toshiba 32P2300VJ,punya sy rusak gak ad gambar,suara jg gak ad hanya cahaya biru gelap muncul dilayar.mohon solusinya?makasih.

Balas

Kang mau tanya kalo ga ada tegangan ke lampu led penerangan itu apa yang harus di ganti makasih

Balas

Transistor daya boost-converter mungkin rusak, dlm contoh di atas Q9803C. Bisa juga dioda penyearahnya, dlm contoh di atas D9801.

Balas

Gan tv led toshiba ane sering redup sama muncul garis hijau..tapi lama2 jadi normal lagi, suara masih bagus di panel ada sih bagian yang keliatan dikit gambar normalnya...kira2 cara mengatasinya gimana ya gan biar gk terjadi lagi soalnya sebel kalo ada itu...plis pencerahan

Balas

Maaf gan sy mau tny, sy pny tv LG 42 inch, ad suara tp ga ad gambar, klo d start logo merk tv nya ga muncul, it ap nya ya yg rusak? Ap bsa d bongkar sendiri? Kira2 alat ap aj yg d perlukan? Mhn pencerahan nya,terima ksh smga berkah

Balas

Pak sy mau tanya..keluhan sy sm.backlit mati tv samsung 32f500am led..stlh sy cek utput tgangan k backlit tidk ad..tp pas sy ukur di elcox 120v.lalu sy cek di jlur negtifx sblum k konektor backlit ad sebuah trnsitor.bila prob negtif sy truh di out trnsitor yg mnuju backlit tgangan tidak ad.bila prob ngtif di tes sblum transitor tgangan 120v.apkh transitor tersbut rusak ? Dan berpa typex.soalx kodex tdk terbaca..trimaksih pak..

Balas

Tanya bos,,tv led saya kok atas bawah redup,yg tengah agak terang,,,suara n gambar normal,minta solusinya mas

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger