logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Antena TV Sederhana 2 Elemen

Advertisement

Antena TV sederhana buatan sendiri

antena tv sederhana 1Di daerah-daerah perkotaan di mana sinyal pemancaran TV cukup kuat, sebetulnya tidak terlalu diperlukan antena yang banyak mengandung elemen untuk menangkap siaran TV. Selain lebih rumit, antena seperti itu juga tentu lebih mahal.
Dengan sedikit “kutak-katik” setiap orang bisa mempunyai antena sederhana yang mampu menangkap siaran TV dengan baik.
Bagaimanakah caranya?

Pengetahuan dasar tentang panjang gelombang
Setiap frekwensi tinggi yang dipancarkan ke udara mempunyai kriteria panjang gelombang tertentu.
Panjang gelombang ditetapkan dalam ukuran meter (m) untuk setiap satu periode gelombang. Panjang gelombang ini adalah perbandingan antara kecepatan rambat gelombang elektromagnetik di udara (dalam meter/detik) dengan frekwensi (dalam Hertz), dan panjang gelombang ini diistilahkan dengan Lambda.
Kecepatan rambat gelombang elektromagnetik telah diperkirakan orang, yaitu sebagaimana kecepatan elektron-elektron mengitari inti atom atau kecepatan berpindahnya elektron pada suatu media, yaitu 300.000.000 m/detik. Maka Lambda adalah : 300.000.000 / f (meter).

Contoh : frekwensi (f) 144 MHz (berarti 144.000.000 Hz) mempunyai panjang gelombang :
300.000.000 / 144.000.000 = 2,08m
Itu sebabnya radio komunikasi yang beroperasi pada frekwensi 144 Mhz disebut-sebut sebagai “radio 2 meter-band”, karena panjang gelombangnya adalah 2m.

Antenna TV horizontal ½ lambda
Frekwensi pemancaran TV banyak berada pada band UHF. Berikut ini adalah tabel frekwensi-frekwensi pemancaran TV swasta di daerah Jabodetabek.

frekwensi tv swasta

Apabila kita hendak membuat sebuah antena, maka perlu kita tetapkan dulu pada frekwensi manakah fokus antena akan bekerja.
Sebagai contoh jika kita tetapkan pada frekwensi pancaran ANTV ( 678,85MHz) maka Lambda-nya adalah 300.000.000 / 678.850.000 = 0,442m.
Panjang antenna secara horizontal adalah ½ Lambda = 0,22m = 22cm.
Antena akan fokus kepada frekwensi stasiun TV tersebut. Namun tidak berarti stasiun-stasiun TV yang lain tidak tertangkap. Stasiun-stasiun TV yang lain tetap tertangkap, hanya saja fokusnya adalah kepada stasiun ANTV.

Setelah diketahui frekwensinya, maka dihitunglah Lambda-nya. Setelah itu ditetapkan panjang ½ Lambda, inilah yang akan menjadi panjang keseluruhan antena (secara horizontal) yang akan dibuat (lihat gambar di bawah).

antena tv buatan sendiri

Antena terdiri dari dua elemen.
Elemen-elemen ini bisa dibuat dari apa saja : bentuk lempengan, selongsong atau kotak memanjang dari bahan konduktor (alumunium, kaleng, besi tipis dll). Yang terbaik adalah alumunium, karena bahan ini tidak berkarat meskipun terkena panas dan hujan.
Dalam prototype telah dibuat dari bahan pipa alumunium bekas elemen antena yang sudah rusak dan dibuat juga antenna dari batang tautan hordeng dengan hasil yang lumayan baik.
Antar elemen diberi jarak kira-kira 1cm. Setelah disambungkan kepada kabel antena dengan mur/baut, kedua titik sambungan bisa ditutup dengan lem bakar atau epoxy agar tidak mudah korosi karena cuaca.

Untuk wadah menempelnya kedua elemen bisa digunakan berbagai bahan plastik agak tebal (sebaiknya jangan dari bahan logam atau kayu). Sebagai tiang penyangga antena bisa digunakan pipa pvc, kayu dan sebagainya.
Sebagai penutup, sekali dikemukakan bahwa antenna buatan sendiri yang praktis ini hanya untuk penggunaan dalam kota di mana stasiun-stasiun TV (atau stasiun relay) banyak terdapat sehingga sinyal pemancaran TV memang kuat. Untuk daerah-daerah yang sulit menangkap pemancaran stasiun TV memerlukan antenna dengan gain yang lebih kuat, atau memerlukan “super-booster” khusus.
Untuk hal ini mungkin akan dibicarakan pada lain waktu dan lain kesempatan.


Tulisan lain :
Mengatasi Listrik Anjlok Ketika Menyalakan TV .


(Sandi Sb)

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

padahal sekalian bikin booster nya dong gan,,,>

Balas

Utk contoh di atas,brarti satu elemennya masing" 11 cm.

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger