Search
logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

IC OCL Hibrida Generasi Awal

Advertisement

stk_025
STK 02x dan STK 03x merupakan IC hibrida power-amplifier OCL monaural generasi awal yang telah lengkap mencakup pre dan output driver. Daya keluarannya berkisar antara 15W hingga 30W pada beban speaker 8Ω.
Di masa kemunculannya, IC ini sempat menjadi IC audio favorit dan banyak digunakan di berbagai KIT rakitan audio amplifier kelas rumah. Hal ini memang cukup beralasan, karena dengan rangkaian yang cukup simpel dan penggunaan komponen tambahan yang sedikit, mampu dihasilkan power-amplifier berdaya keluaran lumayan besar.
Kehadiran IC ini menggeser KIT-KIT rakitan power-amplifier 20-30W dengan transistor (OTL atau OCL) yang dikenal lebih rumit dan kebanyakannya menggunakan transistor daya 2N3055.
Tak perlu keahlian dan pengalaman khusus bagi seorang pelajar ataupun hobbyst untuk bisa merakit amplifier dengan menggunakan IC ini. Mereka hanya perlu menyolder dan menyambung-nyambungkan saja, lalu jadi!
Begitulah beberapa puluh tahun lalu.
Sebagian di antara para hobbyst ada yang merakit amplifier dengan menyambung-nyambungkan pin IC (kaki-kaki IC) ke papan rangkaian menggunakan kabel-kabel lepasan tanpa ada masalah pada hasilnya.
Bayangkan jika cara seperti itu diterapkan pada IC-IC audio monolitik keluaran sekarang. Tentu akan banyak timbul masalah seperti dengung, derau, hingga osilasi...

Tulisan ini dibuat untuk mereka yang (mungkin) masih menyimpan stok STK022, STK025, STK032, atau STK036 dan bermaksud hendak mengaktifkannya kembali. Juga sebagai tindak lanjut dari tulisan sebelumnya : Beberapa Koleksi IC Audio Tua

Inilah diagram skematik berikut keterangan teknisnya :

stk022_stk025_stk032_stk036_schematic

Nilai komponen yang tertera berlaku untuk semua IC hibrida yang telah disebutkan di atas. Pin 10 adalah pin NC (no-connection), tidak disambungkan ke manapun tidak masalah.
Perhatikanlah trafo power-supply yang direkomendasikan untuk digunakan. Meskipun berada di bawah maksimum, tapi hendaknya angka pada keterangan itu tidak dilampaui.
Kemampuan arus trafo (murni, dalam Ampere) disesuaikan dengan kemampuan bridge-rectifier pada power-supply.
Perlu disampaikan bahwa meskipun rangkaian IC mampu dibebani speaker 4Ω, namun sebaiknya impedansi speaker tidak kurang dari 6Ω. Akan lebih aman jika menggunakan speaker 8Ω.
Input rangkaian dapat disambungkan ke berbagai macam tone-control, termasuk yang sederhana seperti pada : Tone Control Stereo 2 Transistor

Layout PCB rangkaian ini telah saya salin dari sebuah sumber dokumen lama, sambil sedikit melakukan perubahan. File-nya dapat diunduh di sini : PCB STK022-STK025-STK032-STK036

Penampakan tata-letak komponen (dalam tampak atas) kira-kira seperti berikut ini :

pcb_stk025-stk032

Demikianlah ulasan IC OCL Hibrida Generasi Awal.
Ssst.....
Konon IC tua ini masih ada yang jual di toko online sebagai barang ‘second’.


Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Next Post
Previous
Prev Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Contact form

Name

Email *

Message *

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger