logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

LG Flatron LCD monitor, tampilan layar hilang

Advertisement

LG Flatron L177WSBS-PF LCD monitor, kerusakan : tampilan gambar pada layar hilang .

LG L177WSBS-PF
LG Flatron LCD monitor, telah datang dengan keluhan tampilan layar tidak ada sama-sekali. Power tidak masalah, lampu biru di tombol on-off tetap menyala.
Pemilik monitor ini menceritakan bahwa awalnya monitor-nya masih dapat menampilkan tampilan gambar pada layar, tetapi harus menunggu setelah di-on-kan sekitar lima menit. Lama-kelamaan berubah, tampilan layar baru tampak setelah menunggu sekitar lima-belas menit.
Kini, tampilan layar tetap tidak tampak meskipun sudah ditunggu selama seharian.

Kerusakan “baru normal setelah menunggu sekian lama dan sekian lama” dalam banyak kasus, baik di kerusakan televisi ataupun monitor komputer biasanya disebabkan oleh adanya kerusakan pada salah satu elco di dalam sirkit filter. Kerusakan elco di sebagian sirkit filter tegangan suplai memang sering tidak secara mendadak, tetapi secara berangsur-angsur kapasitasnya menurun disertai dengan bocorannya yang meningkat. Ketika telah mencapai puncaknya, elco tidak akan berfungsi lagi dan pada fisiknya akan tampak menggembung (gendut) di bagian atasnya. Tetapi ada juga sebagian elco yang ketika rusak tidak tampak secara fisik. Hanya bisa diketahui dengan melakukan pengetesan.
Dalam tulisan yang lain, kerusakan elco yang seperti ini juga menampakkan gejala ketidak-normalan yang semakin lama semakin banyak secara berangsur-angsur, lihat dalam : Acer AL1716 LCD Monitor, kerusakan power sulit dihidupkan .

Ciri-ciri kerusakan monitor LG ini sepertinya juga demikian, maka untuk memastikannya casing monitor ini pun dibuka.
Sebagaimana banyak monitor yang lain, casing monitor ini juga tidak menggunakan baut di sudut-sudutnya. Namun ada empat baut untuk tiang penyangga di bagian belakang yang perlu dibuka.
Setelah itu untuk membuka casing dilakukan dengan menyelipkan ujung obeng minus yang agak besar dan kuat, tetapi cukup tipis untuk bisa menyelip ke sela-sela pertemuan tutup casing bagian depan dengan tutup casing bagian belakang di setiap sisi pinggir monitor.
Jika ujung obeng telah menyelip, lalu dicongkel perlahan hingga terdengar suara yang menunjukkan bahwa “kancing” penutup telah terbuka. Ini dilakukan sedikit demi sedikit (bertahap) di sekeliling casing monitor hingga akhirnya penutup bagian depan dengan bagian belakang keduanya sempurna terpisah. Kegegabahan ketika membuka casing dapat menyebabkan cacat pada casing.

LG flatron inside

Setelah membuka casing dan melihat PCB bagian power-supply, tampaklah ada sebuah elco yang menggembung. Elco C207 dengan kapasitas 680µF/25V ternyata telah rusak.
Nilai kapasitas elco ini tidak umum beredar di pasaran, karena itu untuk penggantinya digunakan elco 1000µF/25V. Tidak terlalu bermasalah mengganti elco filter bagian power-supply dengan yang berkapasitas lebih besar.
Setelah melakukan penggantian elco, monitor langsung ditest dengan memberikan tegangan AC 220V. Tampaklah tampilan awal pada monitor, yaitu tulisan LG beserta dengan logonya kemudian tampak tulisan “check data cable”.
Monitor kini telah normal.
Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menutup casing dengan rapi dan menikmati segelas kopi hangat.


(Sandi Sb)


Perbaikan LCD monitor yang lain : Samsung CM19WS, kerusakan layar gelap .

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger