logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Sharp 51V20MS, Kerusakan Power

Advertisement

TV ini datang dengan keluhan : Kadang-kadang mati sendiri dan tidak bisa dihidupkan lagi selama beberapa waktu, tetapi kadang-kadang normal dan bisa dihidupkan dalam waktu yang cukup lama.
Pemilik TV mengatakan : “Sepertinya ada yang “kendor”, dibenerin aja.....”
Saya mengatakan dalam hati : “Emangnya kolor bisa kendor...!”

TV Sharp 51V20MS adalah TV layar CRT 21 inch. Kerusakan seperti yang dikeluhkan itu kemungkinan paling besarnya adalah kerusakan pada bagian power-supply, karena itu setelah tutup belakang TV dibuka yang pertama kali diperiksa adalah bagian power-supply ini.
Apabila TV kebetulan sedang dalam keadaan normal, maka pemeriksaan akan sia-sia karena tidak akan terlihat adanya kejanggalan sama sekali. Mungkin yang bisa dilakukan hanya menyolder ulang pada bagian-bagian yang sudah kurang bagus solderannya, khususnya pada bagian power-supply. Setelah itu kembali TV ditest dengan menyalakannya selama beberapa waktu.
Pada kasus yang pernah terjadi, TV telah ditest dengan dihidupkan selama dua hari (ada saat-saat dimatikan juga) dan ternyata normal saja. Ini mengecoh sang montir TV karena disangkanya TV sudah dalam keadaan baik dan disimpulkannya bahwa kerusakan yang terjadi hanyalah karena solderan-solderan yang sudah kurang bagus saja, setelah disolder ulang ternyata TV kembali normal. Buktinya setelah ditest selama dua hari tidak terjadi masalah lagi.
Namun ketika TV telah diserahkan kepada pemiliknya, beberapa hari kemudian TV itu kembali lagi dibawa kepada montir tersebut dengan keluhan sebagaimana semula. Beginilah kerusakan yang bisa dan pernah terjadi pada TV ini. Kerusakan yang seperti ini sebenarnya adalah kerusakan yang disebabkan oleh kondisi IC power-regulator yang sudah tidak baik.

TV Sharp ini menggunakan IC power-regulator STRW6753.
strw6753
Kerusakan yang biasa terjadi pada kebanyakan IC power-regulator adalah mati total atau disfungsi secara total, namun tidak demikian dengan IC power-regulator ini, karena itu bagi yang belum mengetahui hal ini dapat membuat keraguan untuk menyimpulkan bahwa IC power-regulator itu memang telah rusak.
Belajar dari pengalaman itu, jika terjadi keluhan kerusakan terhadap TV model ini sebagaimana yang telah disebutkan di atas, maka tidak perlu berspekulasi, ganti saja IC power-regulator STRW6753 dengan yang baru.
Menyertai penggantian IC dengan yang baru, sebaiknya diganti juga elco kecil yang berada di sirkit IC, yaitu C706 dengan nilai 22µF/50V.
Setelah itu untuk memastikan bahwa TV telah benar-benar sehat, TV perlu ditest selama (minimal) 3 hari...


Tulisan lain sehubungan perbaikan TV :
Kerusakan TV Dengan Power-Regulator STRS6707
Perbaikan TV Kerusakan Layar Blank Merah .

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger