logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Acer AL1716 LCD Monitor, kerusakan power sulit dihidupkan

Advertisement

Acer LCD Monitor Model No.AL1716 bukanlah monitor layar lebar (wide-screen).
Keluhan yang telah terjadi adalah sulitnya power dihidupkan dengan menekan tombol “power-on”, padahal Led indikator yang terletak pada tombol itu sudah menyala.

Acer AL1716

Monitor ini mempunyai dua mode posisi power, yaitu posisi stand-by ditandai dengan nyala lampu Led pada tombolnya berwarna jingga dan posisi on ditandai dengan nyala lampu Led pada tombolnya berwarna hijau.
Pada kasus yang terjadi kali ini power sulit diposisikan on meskipun tombol power ditekan berkali-kali. Hanya sesekali waktu saja bisa, tetapi yang lebih sering adalah tidak bisa. Lampu indikator selalu berwarna jingga yang menunjukkan power selalu dalam posisi stand-by.
Sebelumnya ketika gejala ini mulai terjadi, pemilik monitor ini berusaha menghidupkan monitor dengan cara mencabut sambungan dari sumber AC 220V, sedangkan komputer (PC) sudah dalam keadaan hidup terlebih dahulu.
Kabel power AC dari monitor lalu disambungkan secara mendadak kepada sumber AC 220V, jika beruntung maka monitor akan hidup normal, jika tidak maka monitor tetap saja dalam keadaan stand-by.
Akan tetapi lama kelamaan cara ini menjadi tidak bisa dilakukan lagi. Monitor sudah tidak mau hidup lagi secara normal walaupun kabel AC dicoba dicabut lalu disambungkan terus-menerus.
Seandainya monitor itu bisa bicara, mungkin dia sudah mengatakan : “Cukup! Cukup! Perbaiki sajalah...!”

Kerusakan seperti ini sudah dapat diprediksi, di bagian manakah terjadi permasalahannya. Tutup bagian belakang monitor lalu dibuka untuk diperiksa bagian rangkaian/sirkit elektroniknya. Perhatian langsung tertuju kepada bagian power-supply, dan ternyata benar...
Di situ terdapat masalah.
Beberapa elco perata tegangan (smoothing-capacitor) yang berada di sirkit bagian sekunder power-supply tampak “gendut” pada bagian atasnya.
Secara kasat mata kerusakan ini sudah bisa terlihat dan lalu dilakukan penggantian elco-elco yang bermasalah tersebut. Beberapa elco perata yang lain juga diperiksa, sekedar memastikan bahwa mereka tidak bermasalah. Begitu juga terhadap elco perata yang berada di sirkit bagian primer.
Elco perata tegangan (smoothing-capacitor) adalah kondensator yang berfungsi meratakan tegangan DC hasil penyearahan dioda penyearah dari tegangan AC yang dikeluarkan oleh trafo switching. Ketika elco ini rusak, kapasitasnya akan jauh menurun atau bahkan hilang sama-sekali karena cairan elektrolit kental di dalamnya telah mengering. Akibatnya adalah tegangan yang telah disearahkan oleh dioda menjadi tegangan DC yang penuh dengan “kerut-kerut tegangan” (ripple-voltage) dan level tegangannya juga menjadi menurun. Ini menyebabkan kinerja rangkaian menjadi tidak sempurna, sehingga wajar saja apabila power-supply menjadi sulit stabil dalam posisi on.
Setelah semua elco perata yang bermasalah diganti dengan yang baik, fungsi power kembali normal.
Semoga saja masih ada kopi hangat di gelas....


Tulisan tentang reparasi LCD monitor yang lain : Samsung CM19WS, kerusakan layar gelap .

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger