logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Cara Mencabut Komponen Dari PCB

Advertisement

Bagaimana mencabut komponen dari papan rangkaian?

Mencabut komponen elektronik yang sudah tersolder di papan PCB seringkali terasa sulit bagi sebagian orang.
Bagaimanakah caranya agar berhasil dengan baik?
Berikut ini sedikit tips yang mungkin berguna bagi mereka yang masih belum terbiasa melakukannya.

Adakalanya beberapa komponen yang tersolder di papan PCB hendak diganti atau sekedar dicabut untuk dimanfaatkan di tempat lain.
Jika mencabutnya dengan cara yang gegabah maka komponen tersebut bisa menjadi rusak (patah, tidak berfungsi lagi atau putus kakinya). Terlebih komponen elektronik seperti IC yang rentan menjadi rusak ketika dicabut ulang.
Karena itu perlu kehati-hatian ketika mencabutnya.

Persiapan sebelum mencabut komponen.
Modal utama yang harus diadakan sebelum mencabut komponen adalah alat solder yang baik dengan ujung solderan yang bagus. Ini mutlak diperlukan agar ketika melelehkan timah pada kaki komponen tersolder yang hendak dicabut hasilnya akan lebih sempurna.

soldering tracker

Selain itu diperlukan juga desoldering tracker/desoldering pump (alat penyedot timah solderan) yang bagus pula. Check-lah 'tracker' (penyedot timah) yang ada apakah masih baik ataukah tidak, yaitu dengan cara : Tekan tuas penyedot pada tracker sehingga ia dalam keadaan siap untuk menyedot, lalu tutup lubang ujung penyedot dengan salah satu ujung jari, dan kemudian tekan tombol pelepas tuas penyedot tracker sehingga tracker menyedot seketika.
Tracker akan menyedot dalam keadaan lubangnya tertutup ujung jari.
Apakah tuas penyedot kembali ke atas dengan cepat ataukah dengan agak lambat/tertahan?
Jika cepat berarti daya sedotannya sudah kurang bagus dan perlu diperbaiki. Tetapi jika agak lambat maka daya sedotannya berarti masih baik dan masih layak dipakai.

Desoldering dan mencabut komponen.
Pastikanlah bahwa solderan pada pin/kaki komponen yang hendak dicabut mengandung 'timah hidup', artinya timahnya masih mudah meleleh ketika dipanaskan dengan ujung solderan. Secara kasat mata tampak masih agak 'mengkilap'.
Apabila timah sudah kelihatan 'mati', yaitu berwarna agak kusam dan sulit meleleh dengan lelehan yang cair ketika dipanaskan, maka perlu diperbaharui dahulu dengan cara disolder ulang dengan timah solder yang baru sehingga solderan-solderannya kembali terlihat mengkilap. Setelah itu barulah dilakukan proses desoldering (pembersihan timah solder dengan tracker).
Rangkaian-rangkaian elektronik yang sudah menahun biasanya timah-timah solderannya sudah banyak mati, karena itu perlu dilakukan cara seperti yang telah disebutkan di atas supaya tidak terlalu capek ketika ada komponennya yang hendak dicabut.

Untuk memulai desoldering, persiapkan tracker agar dalam keadaan siap untuk menyedot.
Setelah itu tempelkan ujung solderan pada titik yang hendak disedot timahnya hingga benar-benar meleleh. Jangan buru-buru menempelkan ujung penyedot tracker jika timah belum benar-benar meleleh.
Jika memang sudah meleleh maka segera tempelkan ujung penyedot tracker sehingga bagian lancip ujung solderan berada pada posisi menempel di lubang ujung penyedot. Keadaan itu tidak boleh lama-lama, setelah tepat pada posisinya maka langsung tekan tombol pelepas tuas penyedot tracker agar tracker menyedot dengan seketika.
Berbarengan dengan kembalinya tuas penyedot tracker ke posisi semula, segera angkat ujung solderan dari posisinya. Dengan begitu biasanya hasilnya akan cukup bagus, timah solderan akan bersih. Namun apabila belum bersih juga, ulangi lagi proses desoldering itu hingga beberapa kali.
Pastikan timah telah bersih dan tidak ada kaki-kaki komponen yang masih tertaut dengan timah.
Setelah timah bersih, komponen bisa dicabut dengan aman.
Untuk IC, cara mencabutnya bisa dengan menyelipkan ujung obeng min (obeng pipih) ke satu bagian sisi depan atau sisi belakang IC hingga badan IC akan terangkat sedikit demi sedikit ke atas.

Sekarang ini telah beredar penyedot timah dengan ujungnya yang langsung bisa memanaskan juga, sehingga proses desoldering bisa lebih mudah dilakukan. Tetapi tampaknya penyedot timah yang seperti ini belum terlalu populer dan tidak selalu ada di setiap daerah.

Desoldering dengan serabut tembaga.
Membersihkan PCB dari timah yang masih menempel agak sulit untuk rangkaian-rangkaian yang menggunakan IC mikro yang menempel pada bagian jalur PCB. Solderan dengan timah yang tipis-tipis memang tidak bisa dibersihkan dengan tracker.

desoldering wick

Untuk yang seperti ini bisa menggunakan serabut tembaga atau sering disebut dengan desoldering-wick/desoldering-wire.
Serabut tembaga/desoldering-wick adalah tembaga-tembaga halus yang dipilin rapat sedemikian rupa dan berbentuk pipih. Untuk menggunakannya diperlukan juga pasta solder, yaitu pasta yang digunakan agar timah solderan mudah menempel pada media yang disolder.
Pertama, oleskan pasta pada bagian yang akan dibersihkan timahnya (sedikit saja), dan oleskan juga pada sebagian ujung serabut tembaga. Setelah itu tempelkan sebagian ujung serabut tembaga tadi pada bagian yang akan dibersihkan timahnya. Kemudian panaskan dengan menempelkan ujung solderan di atas serabut tembaga tersebut.
Biarkan ujung solderan hingga timah di bawah serabut tembaga jadi meleleh.
Ketika timah di bawah serabut tembaga telah meleleh, ia akan merayap berpindah ke serabut tembaga sehingga bagian PCB akan bersih sedangkan serabut tembaga akan dipenuhi timah.
Jangan coba cabut komponen jika timah belum benar-benar besih karena akan bisa merusak kaki-kaki komponen dan juga bisa merusak jalur-jalur sambungan di papan PCB.
Jika belum bersih, gunting bagian serabut tembaga yang sudah dipenuhi timah dan ulangi lagi proses pembersihan seperti di atas.
Untuk melakukan pembersihan timah dengan cara ini diperlukan solderan yang benar-benar panas. Karena itu sebaiknya gunakan 'solderan tembak' atau solderan 60W jika perlu, namun tetap berhati-hati agar jangan terlalu lama ketika memanaskan dengannya karena suhu yang terlalu tinggi bisa merusak komponen.

Demikianlah yang bisa diterangkan tentang bagaimana cara mencabut komponen dari papan PCB.
Meskipun tidak banyak menampilkan gambar secara detil, mudah-mudahan apa yang telah dijelaskan tetap bisa difahami dengan baik dan mudah dipraktekkan.


Tulisan lain sehubungan solder-menyolder :
Cara menyolder yang baik .

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Good.... Terimakasih artikel bagus yg bisa membantu saya.

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger