logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Mikrofon (Mic)

Advertisement

PENGENALAN KOMPONEN / PARTS ELEKTRONIK

Mikrofon Atau Mic

mikrofon simbol
Mikrofon ( michrophone ) adalah part elektronik yang menangkap getaran-getaran suara dan merubahnya menjadi getaran-getaran listrik.
Prinsip kerja mikrofon adalah kebalikan dari speaker. Apabila spaker menghasilkan getaran suara karena adanya getaran-getaran listrik, mikrofon justeru menghasilkan getaran-getaran listrik karena adanya suara.

Mikrofon Dinamik
Mikrofon yang paling umum digunakan adalah mikrofon dinamik (dynamic michrophone). Di dalam skema-skema rangkaian elektronik, mikrofon biasa dinyatakan dengan impedansinya, dan impedansi kebanyakan mikrofon dinamik adalah 600 Ohm.
Pada mikrofon dinamik terdapat membran tipis yang terlekatkan padanya kumparan (spoel) dan kumparan ini berada di dalam celah magnet yang sempit. Membran tipis terbuat dari bahan yang sangat lentur, sehingga sangat mudah ikut bergetar ketika udara di sekitarnya bergetar (bergelombang) akibat adanya suara yang menerpanya.
Ketika membran tipis bergetar, kumparan di dalam celah magnet pun ikut bergetar (bergerak turun-naik dengan cepat) sebagaimana getaran pada membran tipis. Akibatnya timbul di dalam kumparan aliran listrik. Aliran listrik ini berbentuk gelombang sinus kompleks dan hanya berada pada bilangan dalam level/skala mikroVolt. Karena itu keluaran dari mikrofon perlu dikuatkan terlebih dahulu dengan sebuah penguat depan yang khusus, yaitu penguat depan dengan kepekaan yang tinggi yang disebut mic pre-amplifier.
Mikrofon dinamik adalah mikrofon yang banyak digunakan secara luas karena mempunyai kwalitas menghasilkan sinyal suara yang relatif bagus. Namun kelemahan dari mikrofon ini adalah bentuknya yang selalu besar dan impedansinya yang rendah.

Mikrofon kristal
Mikrofon kristal adalah mikrofon lama yang pernah banyak diproduksi di waktu-waktu yang lalu.  Mikrofon ini tidak mempunyai magnet dan spoel, akan tetapi terbuat dari material “piezo-electric” crystal yang terkoneksi pada sebuah diafram.
Ketika diafram bergetar karena adanya gelombang suara dalam udara, piezo-electric crystal akan terpengaruhi kondisi struktur materialnya sehingga menyebabkan timbulnya aliran listrik. Aliran listrik ini berbentuk gelombang sinus kompleks yang kemudian diberikan kepada amplifier.
Mikrofon kristal mempunyai kelebihan, yaitu impedansinya yang besar dan level sinyal suara yang dihasilkannya lebih besar dari mikrofon dinamik, akan tetapi mikrofon ini kurang disukai karena kwalitas suara yang dihasilkannya tidak sebagus mikrofon dinamik.
Tanggapan frekwensi mikrofon kristal jauh lebih sempit daripada mikrofon dinamik ataupun jenis mikrofon yang lainnya.
Mikrofon kristal mengeluarkan sinyal suara yang terbatas hanya pada frekwensi resonansi kristal yang menyusunnya.

Kondensor Mic atau ECM (Elektret Condenser Microphone)
Kondensor mic atau ECM saat ini menjadi pilihan yang banyak diunggulkan. Ia mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil dari mikrofon-mikrofon lainnya, mempunyai kwalitas suara yang cukup bagus dan juga mempunyai kepekaan yang tinggi.
Kondensor mic terdiri dari diafram tipis di dalam konfigurasi kapasitansi sebuah transistor FET (Field Effect Transistor). Apabila terjadi getaran pada diafram tipis, kapasitansi di jalan masukan FET akan berubah-ubah sesuai dengan getaran pada diafram. Perubahan kapasitansi ini akan menjadi perubahan-perubahan listrik yang berbentuk gelombang sinus kompleks di jalur keluaran FET. Inilah sinyal suara yang kemudian diberikan kepada amplifier.

ECM

Tidak seperti mikrofon yang lainnya, kondensor-mic mempunyai kekhususan untuk pengoperasiannya, yaitu membutuhkan tegangan supply. Tanpa tegangan supply, kondensor-mic tidak akan bekerja. Ia juga memerlukan penyetelan kerja melalui pemberian resistor yang terhubung ke supply tegangan. Dengan demikian impedansi mikrofon ini menjadi tidak baku, tergantung penyetelan kerjanya.

Dewasa ini penggunaan mikrofon kondensor menjadi cukup luas karena performance-nya yang baik.
Mikrofon kondensor keluaran baru mempunyai bentuk yang jauh lebih kecil dan membutuhkan tegangan kerja yang juga lebih rendah. Semua perangkat HP (Hand-Phone) menggunakan mikrofon jenis ini dan rata-rata peralatan komunikasi pemancar serta peralatan-peralatan wireless juga menerapkan mikrofon ini.


Tulisan lain sehubungan dengan mikrofon :
Mixer Audio untuk 3 Input Mic
Mic Untuk Imam Sholat .


( Sandi Sb )
Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger