logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Kondensator

Advertisement

PENGENALAN KOMPONEN / PARTS ELEKTRONIK

Kondensator

condensator form
Kondensator atau kondensor atau kapasitor adalah part elektronik yg berfungsi menyimpan muatan listrik sementara.  Jika kondensator diberikan tegangan DC pada kedua elektrodanya, muatan listrik akan mengisi kondensator.  Ketika pemberian tegangan tersebut dihentikan, pada kondensator sudah tersimpan muatan listrik sesuai dengan kapasitas muatan kondensator tersebut.

Kapasitas muatan listrik dari kondensator dinyatakan dengan Farad (F).  Dalam praktek penggunaannya kondensator yang banyak dipakai dalam rangkaian-rangkaian elektronik hanya sampai pada cakupan mikroFarad (µF).  Ini karena satuan Farad adalah satuan yang sangat besar.  Berikut adalah satuan-satuan besaran kapasitas :

1 Farad (F) = 1000 miliFarad (mF)
1 mF = 1000 mikroFarad (µF)
1 µF = 1000 nanoFarad (nF)
1 nF = 1000 picoFarad (pF)

Kondensator terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah :

condensator family

Elco
Elco (Elektrolyt Condensator) adalah kondensator berbahan cairan elektrolit di dalamnya.  Umumnya elco mempunyai elektroda + (positif) dan - (negatif) yang tidak boleh terbalik ketika pemasangannya.  Akan tetapi ada juga elco bipolar atau non-polar yang tidak ada ketentuan polaritas, ketika pemasangannya boleh terbalik-balik. Elco digunakan di hampir seluruh rangkaian elektronik dan merupakan bagian part yang umum.
Pada badan elco, yang diberi tanda adalah elektroda - (negatif) yaitu yang kaki elektrodanya lebih pendek.
Setiap elco telah ditetapkan ketentuan besar tegangan maksimal yang dioperasikan padanya, dan ini tidak boleh dilampaui.  Sebagai contoh adalah sebuah elco bertuliskan 22µF/50V.  Ini berarti tegangan kerjanya harus di bawah 50V, akan aman jika dioperasikan pada tegangan maksimal hanya 45V saja.  Angka 50V adalah berarti bahwa jika tegangan pada elco mencapai angka itu, maka elco terancam rusak.
Umumnya elco berkapasitas besar-besar, hingga ada yang mencapai puluhan ribu µF.  Standard nilai kapasitas elco yang banyak beredar di pasaran (dalam µF) adalah :

0,1    0,22    0,47    1    2,2    3,3    4,7    10    22    33    47    100    220    330    470    1000    2200    3300    4700    6800    10.000

Kondensator non-polar/non-elektrolit
Adalah kondensator tanpa bahan cairan elktrolit di dalamnya, dibuat menggunakan bahan-bahan seperti polyester, milar/mika, atau keramik.  Kondensator jenis ini umumnya berkapasitas kecil-kecil dan tidak mempunyai ketentuan polaritas + (positif) dan - (negatif) pada kedua elektrodanya (pemasangannya boleh terbalik-balik).  Kondensator ini juga merupakan bagian dari komponen/part yang umum.
Kebanyakan kondensator non-elektrolit menggunakan kode tiga angka dalam mencantumkan nilai kapasitasnya.  Untuk membacanya dijabarkan sebagai berikut :

Angka pertama, berarti angka pertama.
Angka kedua, berarti angka kedua.
Angka ketiga, berarti banyaknya nol tambahan setelah dua angka sebelumnya.
Hasil perolehan dari kode tiga angka itu dinyatakan dalam satuan pF.

Contoh 1 : Sebuah kondensator keramik bertuliskan 103, ini berarti kondensator tersebut berkapasitas 10.000 pF atau 10 nF.
Contoh 2 : Sebuah kondensator polyester bertuliskan 331, ini berarti kondensator tersebut berkapasitas 330 pF.

Untuk kondensator di bawah 100 pF tidak digunakan kode tiga angka, tetapi dituliskan langsung nilainya, dengan atau tanpa tulisan pF.
Beberapa produsen ada mencantumkan nilai kondensator dengan menggunakan angka-angka secara langsung beserta besaran satuannya (pF atau nF) ada juga yang menuliskan dengan tiga angka, tetapi bukan berupa kode.  Contoh : kondensator bertuliskan 330 atau 470, ini bukan merupakan kode tiga angka, tetapi adalah nilai langsung dalam pF.
Dua angka yang menjadi standard nilai kapasitas adalah :

10    12    15    18    22    27    33    39    47    56    68    82

Contoh 1 : 10pF, 100pF, 10nF, 100nF
Contoh 2 : 12pF, 120pF, 12nF, 120nF dan seterusnya

Varco
Varco (Variable Condensator) adalah kondensator yang besar kapasitasnya bisa diubah-ubah secara kontinu.  Kondensator ini digunakan dalam rangkaian-rangkaian tuning pada penerima radio AM atau FM manual. Varco tidak ada yang bernilai besar, hanya pada bilangan ratusan picoFarad.

Kondensator Trimmer
Kondensator trimmer (sering disebut secara singkat dengan sebutan trimmer saja) adalah kondensator yang kapasitasnya bisa diubah-ubah untuk keperluan trimm (penepatan) dan tidak untuk penggunaan secara kontinu.  Trimmer biasanya menyertai varco pada penggunaan dalam rangkaian penerima radio.  Pada rangkaian-rangkaian pemancar radio, trimmer juga digunakan bersama induktor-induktor sebagai penentu frekwensi atau penyesuai impedansi.

Kondensator Tantalum
Kondensator jenis ini adalah kondensator non-elektrolit tapi mempunyai polaritas (+) dan (-), pemasangannya tidak boleh terbalik.  Ia dibuat dari bahan tantalum, dan merupakan kondensator dengan performa yang sangat baik.  Sayangnya kondensator jenis ini harganya lebih mahal dan sangat jarang yang bernilai kapasitas 100µF atau lebih.  Nilai kapasitasnya (yang banyak beredar di pasaran umum) hanya yang pada kisaran di bawah 100µF.  Kondensator tantalum sering digunakan pada motherboard komputer, VGA/sound card, rangkaian audio dan rangkaian-rangkaian timer.

Kondensator seri dan kondensator paralel
Dua buah kondensator dirangkai seri, akan menghasilkan kondensator baru dengan nilai kapasitas sebagai berikut :

Cx = (C1 x C2) / (C1 + C2)

Contoh : C1 = 10nF, C2 = 10nF, maka Cx = 5nF

Dua buah kondensator dirangkai paralel, akan menghasilkan kondensator baru dengan nilai kapasitas sebagai berikut :

Cx = C1 + C2

Contoh : C1 = 12nF, C2 = 18nF, maka Cx = 30nF

konfigurasi kondensator dan respon AC

Kondensator terhadap AC dan DC
Kondensator bersifat “menyekat” (tidak meluluskan) DC, dan bersifat “meng-kopel” (meluluskan) AC.
Pada gambar “Kondensator terhadap DC” di atas diperlihatkan : Tegangan VDC in diberikan kepada kondensator. Tegangan DC ini tidak muncul di kaki kondensator sebelahnya (tegangan disekat atau tidak diluluskan).
Pada gambar “Kondensator terhadap AC” diperlihatkan : Tegangan VAC in diberikan kepada kondensator. Tegangan AC ini muncul di kaki kondensator sebelahnya (tegangan diluluskan).


Tulisan lain sehubungan dengan kondensator:
Pengetesan kondensator dengan avo-meter


( Sandi Sb )

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

maf bang sandy ane nongol lg. mau tanya yak, ni baru aj pasang modul mp3 player trnyt polaritas terbalik dan modul lgsg mati total. trnyata beda merk modul beda jg polaritas /- di soket dc nya. dipikir sama aj lgsg tancep deh. kr2 komponen apa ya bang yg plg rentan rusak krn polaritas terbalik ky gt? elco kah, ic regulator kah, atau komponen lain bang? mksh sblmnya suhu sandy he2..

Balas

Biasanya IC regulator rusak lebih dulu. Ada dua type (nggak tahu mana yg diterapkan di rangkaian itu) yaitu regulator linear, misalnya tipe 7805 dan tipe buck-converter dgn inisial depan TDA... atau LM...
Di modul mp3 player kecil dgn suplai 12V, umumnya body regulator tersolder ke PCB, sulit dicabut untuk diganti, kecuali menggunakan solder-uap.

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger