logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Power-Supply Untuk OCL

Advertisement

Power-supply standar untuk sebuah amplifier OCL umumnya terdiri dari unit trafo dan unit penyearah (rectifier) beserta kondensator-kondensator filternya.
Unit trafo meliputi : Steker (colokan) listrik, kabel AC, Switch on-off, dan trafo.
Unit penyearah meliputi dioda-dioda penyearah beserta kondensator-kondensator filter tegangannya (smoothing-condensator).
Power-supply untuk OCL adalah power-supply tegangan simetrik atau power-supply tegangan terbelah, yaitu power-supply yang mempunyai tiga tegangan keluaran : V+ (tegangan keluaran positif), V- (tegangan keluaran negatif), dan 0V/gnd (tegangan nol Volt atau tegangan netral yang terhubung ke ground).
Tinggi tegangan antara V+ dan ground adalah sama dengan tinggi tegangan antara V- dan ground, namun dengan polaritas yang terbalik. Karena itulah ia disebut tegangan simetrik.
Berikut ini unit power-supply khusus untuk OCL yang dapat dibuat sebagai pelengkap beberapa proyek praktek perakitan power-amplifier OCL.

power_supply_untuk_ampli_ocl

Tegangan bolak-balik/AC dari unit trafo (yaitu tegangan AC out) disearahkan oleh empat dioda power yang terangkai secara ‘bridge’ (D1...D4) dan diratakan oleh kondensator filter tegangan C1 dan C2.
Besar tegangan AC ini bisa bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan tegangan suplai power-amplifier yang bersangkutan. Sebagai contoh jika dibutuhkan tegangan suplai DC sebesar (maks.) +35V dan -35V, maka tegangan AC dari trafo yang diambil adalah 2x 25V (25V-CT-25V).
Tentang kenaikan tegangan setelah disearahkan dari AC menjadi DC ini telah dijelaskan secara lengkap dalam : Power supply tegangan terbelah dengan kondensator perata .

Kemampuan arus trafo juga disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian power-amplifier. Dan pemberian kondensator filter tegangan (kondensator perata) juga disesuaikan untuk itu.
Secara lengkap penyesuaian untuk berbagai keperluan power-amplifier OCL diterakan dalam tabel berikut ini :

tabel_data_power_supply_ocl

Dalam tabel ini tercantum berbagai besaran arus dan tegangan yang biasanya dibutuhkan sebuah rangkaian OCL serta komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat power-supply-nya.
Dalam prakteknya, dioda-dioda diskrit D1...D4 dapat diganti dengan sebuah dioda bridge asalkan ketentuan tegangan dan arusnya sama, lebih baik jika di atas itu.
Sebuah sekering (fuse) ditambahkan di primer trafo sebagai pengaman. Sekring ini membatasi pembebanan trafo dari penarikan arus yang berlebihan seperti (misalnya) ketika terjadi hubung singkat.
Besarnya Ampere sekering ini tergantung kemampuan daya trafo yang digunakan. Karena itu lain trafo akan lain pula sekeringnya.

Bagi yang ingin lebih rapi membuatnya, berikut ini disertakan pola layout PCB beserta tata letak komponennya, khusus untuk unit penyearah.

pcb_power_supply_ocl

Gambar memperlihatkan PCB dalam tampak bawah terbalik dan tata letak komponen dalam tampak atas.
Layout PCB ukuran asli untuk keperluan print dapat diunduh di sini : PCB power-supply OCL .

Have a nice day!

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger