logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Generator Listrik Dari Kipas Gantung

Advertisement

Generator listrik dari kipas gantung kecil

kipas gantung kecil 1Apakah anda pernah mempunyai kipas gantung kecil dari plastik?
Tahukah anda jika kipas gantung ini bisa menghasilkan tegangan listrik?
Untuk membuktikan bahwa kipas gantung seperti ini bisa menghasilkan tegangan listrik, cobalah langkah-langkah berikut :

Lepaskanlah tiga bagian baling-baling kipas.
Peganglah kedua ujung kabel colokan listrik kipas dengan kedua tangan anda, satu ujung dipegang dengan tangan kiri dan satunya lagi dipegang dengan tangan kanan. Lalu suruhlah seseorang untuk memutar bagian bundar kipas (rotornya) dengan tangan, dengan tangkai kipas dipegang tangan kiri sedangkan tangan kanan memutar bagian bundar kipas, diputar dengan kuat...
Anda merasakan sesuatu?
Enak?
Ya...itulah tegangannya!

Cara kerja kipas gantung kecil
Kipas gantung kecil mempunyai ke-khasan tersendiri, ia berbeda dengan model-model kipas yang lain. Meskipun bekerja dengan tegangan AC 220V, namun kipas ini tidak menerapkan system kumparan 'start and run' di mana selalu disertai dengan sebuah kondensator.
Kipas ini juga tidak menerapkan system kumparan tanpa kondensator start sebagaimana banyak diterapkan pada kipas-angin besar yang biasa dipasang di langit-langit ruangan.
Kipas ini menerapkan system magnet permanen. Ia mempunyai magnet-magnet kecil di dalamnya.
Magnet-magnet kecil ini dipasang di bagian yang bergerak (rotor) menempel pada bagian-bagian sisinya yang berbentuk bundar dengan arah kutub yang berselang-seling.
Pada ujung bagian tangkainya terpaut gulungan di mana gulungan ini terlingkupi oleh bagian bundar rotor di mana terdapat magnet-magnet kecil di sekeliling sisi dalamnya.
Ketika tegangan AC dimasukkan ke dalam gulungan, besi yang menjadi inti (wadah tempat gulungan) akan bersifat magnet dengan kutub yang berubah-ubah sesuai perubahan polaritas tegangan dalam gelombang AC listrik.
Magnet-magnet yang mengelilingi bagian dalam bundaran rotor akan berinteraksi dengan perubahan-perubahan kutub magnet dari besi inti gulungan itu. Apabila kutub magnet pada besi sedang berada pada posisi 'utara' maka keping magnet yang berkutub sama akan menolaknya, sedangkan keping magnet yang berbeda kutub akan menariknya. Karena itu terjadilah gerakan rotor setengah fase. Lalu kutub magnet besi berubah kutub, maka yang terjadi adalah seperti itu juga sehingga rotor kembali bergerak setengah fase lagi.
Begitulah seterusnya sehingga rotor menjadi bergerak terus-menerus ketika tegangan AC listrik dimasukkan ke dalam kumparan kipas.

Apabila dalam keadaan tanpa dialiri listrik rotor bundar diputar, maka yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu muncul tegangan listrik di kedua ujung kabel kipas.
Hal ini dikarenakan besi inti gulungan mendapatkan induksi medan magnet secara berganti-ganti dari magnet yang mengelilingi inti rotor bagian dalam manakala rotor itu diputar.
Tegangannya memang cukup tinggi karena jumlah gulungannya banyak.
Namun karena kawat email gulungannya sangat kecil (halus), tegangan ini akan jauh menurun ketika diberikan suatu beban tertentu. Sebagaimana kita ketahui bahwa ketebalan kawat gulungan dalam suatu kumparan sangat menentukan besaran arus.

Menyalakan Led lampu dengan generator dari kipas gantung
Dua atau empat buah Led lampu bisa dipercobakan untuk dinyalakan dengan generator dari kipas gantung.

generator_kipas_gantung 01

Ketika rotor bundar diputar, Led lampu akan menyala berkedip-kedip, lihat gambar (B).
Ini disebabkan tegangan yang dihasilkan berbentuk AC, yaitu satu denyut positif dan satu denyut negatif. Led (yang merupakan dioda) hanyalah mengeluarkan cahaya ketika ia meluluskan satu polaritas denyut tegangan saja. Denyut dengan polaritas yang lain tidak diluluskannya (disekat) karenanya Led juga tidak mengeluarkan cahaya ketika bagian ini sedang terjadi.
Bagaimana supaya nyala Led lampu lebih stabil dan tidak berkedip-kedip?
Perhatikan pada gambar (C) di atas.

Empat dioda 1N4007 disusun sebagai dioda bridge. Tegangan dari generator disearahkan dengan penyearahan gelombang penuh. Setelah itu tegangan hasil penyearahan diratakan dengan kondensator 220uF/16V, hasilnya tegangan DC yang didapatkan menjadi lebih rata dan Led lampu tidak lagi berkedip-kedip.
Kapasitas kondensator bisa saja diperbesar untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Namun setiap kali rotor mulai diputar, Led tidak dengan sekejap langsung menyala. Hal ini adalah wajar, karena kondensator memerlukan waktu untuk terisi penuh, sebelum tegangan kemudian diberikan kepada Led lampu.

Apa yang diulas di sini hanyalah sebentuk ide yang kelanjutan tentang pemanfaatannya adalah terserah kepada masing-masing orang.
Seorang teman konon pernah mencoba menukar kipas baling-baling dengan buatannya sendiri dari kayu ringan. Kipas gantung itu lalu ditautkan pada sebatang tiang di tempat yang tinggi dalam posisi menghadap arah mata angin, dan mampu menyalakan beberapa Led untuk sekedar penerangan di waktu malam. Akan tetapi penulis sendiri belum pernah mencoba tentang hal ini.
Anda ingin mencoba untuk hal yang lain..?


Tulisan lain yang terkait :
Pengertian AC
Pengertian DC .


( Sandi Sb )
Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Halo mas Sandi. Wah, menarik infonya. Kebetulan saya pesepeda commuter, berangkat kerja, kemana-mana pake sepeda dan kadang bersepeda malam. Apakah prinsip dan part kipas angin ini bisa diterapkan pada roda sepeda?

Maksud saya, saya sudah pernah lihat beberapa "hack" dari pesepeda di luar negeri dimana magnet dipasang di jeruji sepeda dan koil dipasang kaki frame (batang) dan daya untuk menghidupkan led didapet dari perputaran roda sewaktu dikayuh.

Magnet dan koil ini mereka dapet dari bongkaran alat-alat elektronik bekas dari mulai harddisk & lainnya. Kayaknya kalo pake kipas angin ini bisa lebih pas kali ya? mengingat magnet dan koilnya sudah langsung ada "sepaket" dan mereka sudah tersusun dalam formasi melingkar. Gimana menurut mas?

Balas

Ya, mas Fahmi. Saya pikir juga bisa untuk dipasang di sepeda, apalagi kipas gantung itu tidak memerlukan putaran yg sangat tinggi untuk menyalakan led. Dengan putaran yang "ala-kadarnya" saja ia sudah menghasilkan listrik.
Magnet yg ditaruh di jari-jari untuk menghasilkan listrik pada coil yg tertaut di batang penyangga akan memerlukan putaran roda lebih tinggi, kecuali jika magnetnya sangat banyak.
Tetapi memang merancang kipas agar terhubung dengan putaran roda sepeda inilah faktor kesulitannya. Jika faktor kesulitan ini teratasi, sepertinya itulah kunci keberhasilannya.
Jika mas Fahmi punya klub sepeda, barangkali teman2 bisa diajak rembukan ya...

Balas

maaf mau tanya, apakah yg bisa digunakan hanya kipas gantung seperti itu, bisakah menggunakan kipas CPU ukuran 8cm misalnya untuk menghasilkan arus listrik kecil seperti 1.5 volt - 3 volt ?

Balas

Kipas CPU berbeda dengan kipas gantung ini. Jadi, tidak bisa digunakan.
Ada kipas tempel dinding kecil (keluaran baru) yang serupa dengan kipas gantung ini, nah itu bisa juga digunakan.
Tetapi kalau mas Abi Nugroho ingin sekedar mendapatkan tegangan 1,5-3V DC bisa menggunakan motor dari mekanik kaset player yang papan komponen regulatornya dicabut terlebih dahulu. Atau bisa juga menggunakan salah satu motor dari mekanik VCD player.

Balas

mas kalo diberi lebih dari 2 lampu led bisa gak ya?
punya foto hasil jadinya gak mas?

Balas

Saya pernah coba pakai 4 white-led kecil, tapi nyala-nya redup. Idealnya memang hanya untuk 2 led.
Gambar jadi tentang ini tidak ada, karena mencobanya secara spontanitas saja.

Balas

untuk menghasilkan voltase sekitar 13 atau 14 volt dibutuhkan berapa kipas mas, biar buat charge aki motor karena saya menggunakan aki ini untuk penerangan dc di rumah. Listrik PLN hanya untuk alat2 elektronik lainnya. Trims pencerahannya

Balas

Aduh, sayang sekali, generator ini terlalu kecil jika untuk mencharge aki meskipun beberapa digunakan secara serempak. Arusnya hanya pada bilangan miliAmpere.

Balas

Kalau mati kipas ga muter apa berarti gulungan nya ada yg putus di tengah ya ? Bs di gulung ulang ?

Balas

Sangat sulit menggulung ulang kipas ini, kawat emailnya lebih halus daripada rambut...

Balas

hehe saya baca dr atas td saya juga kepikiran seperti mas triyanto. . . tp mas sandi bilang terlalu kecil. . trus yang bagus generatornya pake apa buat charger aki mas sandi????

Balas

Sekitar 8 tahun yg lalu saya pernah coba membuat generator listrik tenaga angin menggunakan spoel sepeda-motor (berikut pasangan mangkok magnetnya). Idealnya, tegangan yg dihasilkan jika disearahkan akan mampu men-charge aki. Tapi ternyata butuh kecepatan putar yg tinggi, perlu dibuat sedikit susunan gear dan itu belum sempat saya lakukan. Nah, kalau mas Gimiho mau mencoba dan lanjutkan, silakan.
Saya juga pernah mendengar seorang kenalan di daerah pesisir mencoba membuat generator tenaga angin menggunakan alternator mobil untuk men-charge aki.

Balas

Berari jika kita ambil magnetnya saja bisa ya master, kemudian kita buatkan koil,dan kita buatkan gulungan dengan kawat lebih besar dan lebih panjang supaya amper n voltasenya naik???

Balas

Ya, gulungan aslinya dibuang dan dibuat gulungan baru dgn kawat lebih besar agar arus lebih besar. Logikanya bisa seperti itu. Tetapi wadah tempat gulungannya (koker) terbatas.

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger