logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Pengetesan Transistor MOSFET (1)

Advertisement

Test MOSFET kanal-N.
Cara mudah melakukan test transistor MOSFET dengan AVO-meter adalah sebagai berikut :
Taruh terlebih dahulu selektor AVO-meter pada posisi Ohm X1k atau Ohm X10k, kemudian :
(1)Tempelkan tuas tester hitam ke drain (D) dan tuas tester merah ke source (S).
Apabila MOSFET dalam keadaan baik, jarum tester/AVO-meter tidak akan bergerak meskipun sedikit. Apabila MOSFET sudah kurang baik atau rusak, jarum tester akan bergerak menunjukkan angka Ohm yang kecil.

cara test mosfet n

Apabila pada pengetesan itu MOSFET tampak dalam keadaan baik, lakukan pengetesan selanjutnya dengan terlebih dahulu merubah selektor AVO-meter ke posisi Ohm X10, kemudian :
(2)Tempelkan tuas tester hitam ke gate (G) dan tuas tester merah ke S sebentar saja. Ketika melakukan ini hendaknya G dan S tidak tersentuh dengan tangan.
Setelah itu segera (jangan berlama-lama) (3)Tempelkan tuas tester hitam ke D dan tuas tester merah ke S.
Apabila MOSFET dalam keadaan baik, jarum tester akan bergerak menunjukkan angka tertentu, dan tetap bertahan di situ cukup lama.
Apabila gate MOSFET sudah agak bocor (atau induksi) jarum tester akan bergerak menunjukkan angka tertentu lalu segera kembali ke kiri hingga akhirnya berhenti.
Di rangkaian tertentu MOSFET seperti ini mungkin masih tampak berfungsi normal, tetapi di rangkaian-rangkaian yang kritis, MOSFET seperti ini sudah tidak bisa dipakai lagi.

Tiga langkah di atas cukup untuk mengetahui kondisi MOSFET kanal N, apakah masih baik ataukah sudah kurang baik atau rusak.

Penjelasan (1) : Pengetesan dengan AVO-meter pada posisi Ohm X1k atau Ohm X10k dimaksudkan untuk memastikan bahwa antara D dan S tidak terdapat bocoran. Jika menggunakan posisi yang lebih rendah dari itu, sulit untuk mengetahui adanya bocoran.
Transistor yang sudah mengandung bocoran adalah transistor yang sudah tidak layak pakai.

Penjelasan (2) : Menempelkan tuas tester hitam ke G dan tuas tester merah ke S sebenarnya adalah memberikan tegangan bias kepada MOSFET agar ia 'conduct' atau menghantar.
Posisi AVO-meter yang digunakan adalah posisi Ohm X10 supaya lebih fleksibel. Ini karena AVO-meter yang digunakan orang (mungkin) berbeda-beda, dan MOSFET yang hendak di-test juga berbeda-beda tipe.

Contoh MOSFET kanal-N (power-MOSFET) adalah : IRF530, IRF540, IRF630, IRF640, IRF740, IRF840, IRFZ44, IRF46, IRF48, 20N06, 50N06, 55N06, 07N60, BUZ10, BUZ11, BUZ71, NDP603AL, P1806, K1359, K1904, dan lain-lain.

Untuk pengetesan MOSFET kanal-P, lihat dalam : Pengetesan transistor MOSFET (2) .


(Sandi Sb)

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Kalau probe hitam drain probe merah sourc,, jarum mentok ke kanan dg skala x10 gimana itu,, rusak ngga?

Balas

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger