logo blog
Blog Sandi Elektronik
Silahkan pastikan untuk melengkapi kunjungan anda dengan melihat : Daftar Isi.
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

E-Phone

Advertisement

Entry Phone, Alat Komunikasi Antar Ruangan

Rangkaian dimaksudkan untuk memonitor melalui suara tentang orang yang berada di pintu gerbang rumah (tamu) oleh pemilik rumah yang berada di dalam kamar rumah. Dengan E-Phone pemilik rumah bisa bertanya atau berkomunikasi kepada orang yang datang yang telah berada di pintu gerbang.
Bisa juga untuk komunikasi antar ruangan sekedar menyampaikan sesuatu secara cepat tanpa harus menghampiri orang yang dimaksud, biasanya di tempat-tempat aktifitas yang cukup sibuk, misalnya seorang pelayan rumah makan yang memberitahu koki di dapur agar menyiapkan masakan tertentu.
Atau bisa juga untuk memberitahu orang di lantai atas tentang suatu keperluan tanpa harus naik ke lantai atas.

skema E-phone 1

Outdoor unit ditempatkan di dekat pintu atau gerbang pekarangan, terhubung dengan kabel coaxial 3 in 1 (kabel coax isi 3) ke indoor unit yang ditempatkan di kamar penghuni rumah. Tiga koneksi kabel coax untuk menyambungkan outdoor unit dengan indoor unit adalah A, B, dan C.
Outdoor unit hanya terdiri dari sebuah mic (di sini digunakan electric condenser mic untuk radio-tape) dan sebuah speaker.
Unit outdoor ini tidak memerlukan power-supply tersendiri, condenser mic sudah mendapatkan tegangan supply dari indoor unit melalui sambungan kabel A yang juga sekaligus sebagai saluran sinyal audio dari mic. Sambungan kabel B adalah grounding untuk mic dan speaker, sedangkan speaker terhubung melalui sambungan C.
Untuk kabel coax hendaknya dipilih yang baik, panjangnya disesuaikan keperluan.

Indoor unit merupakan unit pusat di mana terdapat power-supply, pre-amp mic, audio-amplifier beserta volume control dan tombol (switch) pengatur “dengar-bicara”.
Masukan pre-amp terhubung ke Sw1a untuk memilih mic yang akan digunakan pre-amp, yaitu mic dari outdoor unit atau indoor unit. Keluaran pre-amp diberikan ke input IC1 setelah melalui volume control VR1. Karena cuma ada satu volume control, maka VR1 juga berfungsi sekaligus sebagai pengatur kuat suara yang disalurkan ke speaker di outdoor unit.
Pada keluaran IC1, sinyal audio yang sudah cukup kuat disalurkan ke speaker. Speaker mana yang akan diberikan, dipilih oleh Sw1b.
Ketika Sw1 dalam posisi “dengar”, speaker yang aktif adalah speaker indoor unit dan mic yang aktif adalah mic outdoor unit.
Ketika Sw1 dalam posisi “bicara”, speaker yang aktif adalah speaker outdoor unit dan mic yang aktif adalah mic indoor unit.
Sw1 bisa berupa push-switch dan bisa juga berupa togle-switch, yang penting adalah switch 2 kutub, 2 posisi (6 pin).

Daftar komponen :
R1, R6 = 220
R2 = 10k
R3 = 220k
R4 = 3k3
R5 = 1k
R7 = 5,6
R8 = 560
VR1 = 20k
C1 = 104
C2, C4 = 102
C3, C5 = 1uF/50V
C6 = 470uF/10V
C7 = 470uF/16V
C8 = 100uF/16V
C9 = 1000uF/16V
T1 = C828
IC1 = TDA2002
Mic1, Mic2 = Condenser mic (besar)
Spkr1 = speaker 4 Ohm
Spkr2 = speaker 8 Ohm
Sw1 = Push-switch 6 pin.

Untuk power-supply bisa menggunakan adaptor 12V/1A atau dari sumber DC accu 12V.
IC1 perlu diberi keping pendingin supaya panas tidak berlebihan.
Ukuran fisik speaker bisa bervariasi, selama impedansinya sesuai yang tertera. Untuk speaker indoor unit bisa juga yang berimpedansi 16 Ohm, sedangkan untuk speaker outdoor unit sebaiknya tidak yang berimpedansi lebih besar lagi.

Update :
Agar lebih mudah dalam pembuatan, disertakan layout PCB untuk indoor-unit. File-nya dapat diunduh di sini : PCB E-phone .

Jika PCB telah dibuat, tata-letak komponen serta pemasangan perkabelan di dalam kotak indoor-unit kira-kira seperti berikut ini :

entryphone_buatan_sendiri

Dan sambungan perkabelan untuk komponen di dalam kotak outdoor-unit kira-kira seperti ini :

entryphone_kotak_luar

Tulisan lain :
Mini Amplifier
USB mp3 Player

Enter your email address to get update from Sandi Sb.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silakan komentar sesuai topik dan sertakan ID yang jelas dengan tidak menyertakan live-link atau spam.

Copyright © 2013. Sandi Elektronik - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger